INFO SEKOLAH HUBUNGI

0356321422

Jalan Mastrip No. 2 Kab. Tuban Jawa Timur

BERITA

BRAVO! Tim SMK N 1 Tuban Menyabet Juara I LKIR Nasional 2016

BRAVO! Tim SMK N 1 Tuban Menyabet Juara I LKIR Nasional 2016

Slogan SMK Negeri 1 Tuban “Terdepan dan Terpercaya” kembali diteguhkan oleh siswa-siswinya, melalui berbagai prestasi yang diraih baik ditingkat lokal maupun Nasional. Di pertengahan tahun 2016 sekali lagi SMK Negeri 1 Tuban menyabet prestasi bergengsi dengan raihan juara I (satu) LKIR (lomba karya ilmiah remaja) yang di helat di Kota Yogyakarta.

Melalui trio yang terdiri dari M Yusuf Aldi kelas XI Kimia Industri, Latif Wahyudi kelas X Kimia Industri dan Siti Nur Amin kelas X Kimia Analis berhasil menyisihkan ratusan tim dari sekolah seluruh Indonesia yang ikut dalam kompetisi tahunan ini. Tim ini dibina oleh Ibu Retno Indraswari, S,Pd., M.Si. dan Syntia Kharin Diniarti, S.Pd. mengambil tema Pemanfaatan Limbah Kulit siwalan Menjadi Briket.

Proses lomba diawali dari pemberitahuan dari panitia melalui email sekolah kemudian ditindak lanjuti oleh tim yang tergabung dalam kelompok exstrakurikuler KIR. Penelitian tentang pemanfaatan kulit siwalan menjadi briket dilalui melalui beberapa kali exsperimen, sejak Januari tim terus menerus mencari kombinasi yang pas sebagai briket yang mempunyai nilai kalor yang tertinggi.

Setelah dirasa mendapatkan komposisi yang tepat proposal dikirim ke panitia kemudian dilakukan penelitian dan pemeriksaan secara seksama akhirnya proposal yang masuk kepanitia lebih dari ratusan sekolah dipilih 20 terbaik dan satu diantaranya adalah proposal dari tim SMK Negeri 1 Tuban.

Tanggal 23 Mei adalah saat siswa siswi terbaik ini mempresentasikan hasil penelitiannya di depan dewan Juri dan trio siswa siswi dengan kemampuan dan penguasaan materinya mampu memukau serta meyakinkan panitia  akhirnya berhasil menyisihkan 20 tim yang diundang dalam babak final. Raihan prestasi tahun ini adalah yang kedua di even LKIR Nasional sebagai juara I setelah tahun lalu 2015 tim SMK Negeri 1 Tuban juga berhasil merengkuh Juara I melalui penelitiannya BIO PLASTIK.  Dengan predikat Juara I mereka berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan. Hasil lengkap pemenang LKIR tahun 2016 adalah sebagai berikut: Juara I SMK Negeri 1 Tuban dengan judul Pemanfaatan Limbah Kulit Siwalan Sebagai Briket; Juara II MAN Model Medan dengan judul Potensi Limbah Kulit Bawang Untuk Mereduksi Kolesterol Pada Telur; dan juara III diperoleh SMA Negeri I Yoyakarta dengan judul Penerapan Sifat Absorbsi dan Metode Titrasi (Teknologi Pengolahan Air Limbah Untuk Perbaikan KUalitas Air).

Menurut M Yusuf yang mewakili tim dia memaparkan bahwa pemilihan obyek penelitian ini didasarkan dari kondisi lokal kota Tuban yang dijumpai banyak pohon siwalan yang menghasilkan buah  melimpah. Kulit siwalan yang menumpuk menyebabkan timbunan sampah yang mengotori lingkungan dan menciptakan kondisi yang tidak sehat. Dengan dijadikannya briket tim berharap sampah kulit siwalan tidak akan menjadi sumber penyakit tetapi bisa menjadi bahan bakar alternatip yang mempunyai nilai ekonomis sangat tinggi, sehingga masyarakat yang selama ini menggunakan bahan bakar dari fosil bisa beralih menggunakan briket kulit siwalan.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA Indeks