INFO SEKOLAH HUBUNGI

0356321422

Jalan Mastrip No. 2 Kab. Tuban Jawa Timur

BERITA

PESTA DEMOKRASI PENUH GENGSI

PESTA DEMOKRASI PENUH GENGSI

Aula SMK Negeri 1 Tuban siang itu tanggal 7 November 2016 bertepatan dengan hari Senin terasa cukup ramai dengan ingar bingar suara suporter masing-masing kandidat ketua OSIS masa bhakti 2016/2017. Masing-masing kubu merasa mampu sebagai pemenang mengingat kedua pasang calon telah sukses merebut hati para pemegang hak suara yaitu seluruh siswa mulai dari kelas X, XI dan XII.

Rico ketua OSIS masa bhakti sebelumnya 2015/2016 menyampaikan bahwa rangkaian pemilihan ketua OSIS dimulai dengan penyampaian Visi Misi masing-masing kandidat kepada seluruh pemegang hak suara dilanjutkan dengan pemungutan suara kemudian penghitungan suara dan pengukuhan ketua OSIS terpilih.

Dalam pemilihan tahun ini dilaksanakan dengan memilih pasangan calon ketua dan wakil ketua sekaligus, jadi calon yang akan dipilih merupakan pasangan antara ketua dan wakil ketua. Ada dua pasang calon yang ikut berkompetisi dalam even ini lanjut dia yaitu Pasangan Zhilal Muharir Ali Rosyadi kelas XI BBT dengan Mahendra Prabandanu kelas XI TPM 2 yang mendapatkan nomer urut satu melawan pasangan M Ilham Oktaviansyah kelas XI IL 2 yang berduet dengan Rosyidah XI TKJ 2 nomer urut dua.

Pemilihan calon dilakukan dengan mencontreng gambar dari masing-masing pasangan melalui kertas suara yang telah disiapkan panitia pemilihan ketua OSIS. Total hak suara yang memenuhi syarat sebagai pemilih adalah sejumlah 1. 591.  Setelah pencontrengan berakhir dilanjutkan dengan penghitungan suara yang disaksikan oleh masing-masing saksi yang ditunjuk oleh para kandidat serta dihadiri oleh seluruh pengurus kelas dari kelas X, XI, dan XII serta tidak ketinggalan diawasi langsung oleh Bpk/Ibu Pembina kesiswaan.

Endang Hariyani, S.Pd., M.MPd. selaku wakil kepala sekolah Bidang Kesiswaan menyampaikan bahwa pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini merupakan pelajaran berharga bagi para peserta didik  mereka diharapkan dapat belajar dari pengalaman ini sehingga diharapakan dapat memberi bekal untuk kehidupanya dikemudian hari jika telah terjun di masyarakat. Anak-anak perlu belajar menghargai pilihan orang lain, belajar bersaing yang sehat belajar bersaing yang tidak menunjukkan egoisnya belajar bertanggungjawab dengan pilihannya dan yang penting adalah belajar sportif jika ingin menjadi yang terbaik tidak harus menjelek-jelekkan lawannya. Hidup ini harus dibangun dengan kebersamaan dan saling menghargai pendapat orang lain harus bekerjasama bahu membahu untuk memikul tanggungjawab membangaun Negara dan itu semua bisa kita mulai dari pembelajaran berdemokrasi dari sekolah ini tuturnya.

Setelah melalui penghitungan suara akhirnya diketahui siapa yang menjadi jawara dan harus memikul tanggungjawab sebagai ketua dan wakil ketua OSIS masa bhakti 2016/2017 dari sejumlah surat suara pasangan nomer satu Zhilal dan Mahendra mendapat suara 918 sedangakan rivalnya pasangan nomer urut ke dua M Ilham dan Rosyidah hanya mampu meraih dukungan sebanyak 221 suara sedangkan surat suara yang tidak sah mencapai 138.

Selepas penghitungan selesai kedua pasangan saling memberi dukungan dan motivasi, pasangan nomer urut dua dengan legawa memberi ucapan selamat pada pemenang demikian juga pasangan nomer urut satu yang telah berhasil memuncaki perolehan suara memberi ucapan terimakasih dan juga meminta dukungan pada pasangan kedua untuk dapat membantu menajalankan roda organisasi dengan bersedia turut dalam gerbong pengurus OSIS. Sungguh ini adalah pembelajaran yang luar biasa bagi demokrasi kita anak-anak tidak hanya belajar teori bernegara dan bermasyarakat tetapi mereka telah mampu membuktikan dengan aksi nyata pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dengan sangat demokratis dan tanpa ada gejolak sama sekali ujar salah satu guru PPKn, selamat bagi Zhilal dan Mahendra dan juga terimakasih kepagda M Ilham dan Rosyidah yang telah memberi tauladan bagi teman-temannya.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA Indeks