INFO SEKOLAH HUBUNGI

0356321422

Jalan Mastrip No. 2 Kab. Tuban Jawa Timur

BERITA

PERSEMBAHAN PRESTASI DI HARI KARTINI

PERSEMBAHAN PRESTASI DI HARI KARTINI

Peringatan hari Kartini tahun 2017 di SMK Negeri 1 Tuban nuansa dan kemeriahannya terasa sangat berbeda, satu hari menjelang puncak acara digelar telah kelihatan keriuhan dan keramaian acara yang bakal di helat. Tepatnya hari Sabtu tanggal 22 April atau satu hari setelah hari lahir Ibu Kartini puncak kegiatan yang bertema ”Dengan Semangat Kartini Kita Persembahkan Prestasi untuk Ibu Pertiwi dilaksanakan dengan sangat meriah.

Pagi itu tepat pukul tujuh acara diawali dengan upacara yang diikuti oleh seluruh Bapak Ibu Guru, Karyawan serta siswa siswi yang kesemua mengenakan busana tradisional. Upacara dipimpin langsung oleh kepala Sekolah dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa syukurnya ke hadirat Allah swt yang terus memberi cahaya pada SMK N 1 Tuban untuk menerangi jalan kemajuan dan prestasi sekolah. Ibu Kartini adalah pahlawan yang telah menyibak kegelapan ilmu para wanita, beliau memberi inspirasi bagi kaumnya untuk bisa mensejajarkan diri dengan kaum pria dalam menuntut ilmu, berprestasi dan berkarir. Sehingga saat ini kita bisa menyaksikan berapa banyak kaum wanita yang telah mampu meniti karir setinggi karir yang pernah diraih oleh pria. Namun demikian Ibu Kartini berpesan bahwa kodrat wanita adalah sebagai ibu rumahtangga yang senantiasa harus menjaga keutuhan keluarga dan sebagai pengayom sekaligus pengasuh anak keturunanya.

Usai upacara dilanjutkan dengan berbagai lomba yaitu lomba pemilihan putra putri SMK, lomba mendongeng dengan bahasa Jawa, membaca surat Kartini dan juga lomba menghias tumpeng.

Endang hariyani yang juga waka kesiswaan SMK Negeri 1 Tuban menerangkan bahwa semua peserta lomba adalah siswa-siswi kelas X dan XI kecuali lomba menghias tumpeng yang dikhususkan untuk Bpk Ibu perwakilan unit kerja yang ada di bawah manajemen sekolah serta perwakilan dari dharma wanita persatuan.

Pemilihan putra putri SMK bertujuan untuk mencari duta sekolah yang mampu mempromosikan sekolah dan juga mampu menjadi teladan bagi teman-temannya dalam kehidupan bermasyarakat yang penuh dengan prestasi dan dedikasi untuk ibu pertiwi. Pemilihan putra-putri SMK diusung dengan melalui model audisi yang dimulai sejak tanggal 17 April lalu tiap kelas wajib mengirimkan dutanya dan kemudian kita seleksi hingga diambil 10 pasang terbaik dan hari ini ikut dalam kontes grand final ujar Ibu Wuri Handayani yang bertindak sebagai dewan juri.

Materi audisi meliputi tes tulis, kepribadian, unjuk talenta, wawasan tentang seluk beluk sekolah menengah kejuruan tutur Bpk Teguh Santoso selaku koordinator kegiatan. Setelah dewan juri susah payah menilai akhirnya ditetapkan sang juara yaitu Latif Wahyudi kelas XI KI 2 dan Dina Scholihatin Nikmah kelas XI KI 1 yang berhak menyandang gelar Putra dan Putri SMK Negeri 1 Tuban, sedangkan Fajar Arya Pangestu kelas X IL 2 dan Novi Nur Afifah kelas XI KI 2 memperoleh sebutan baru sebagai putra putri lingkungan hidup. Untuk kategori putra putri persahabatan disematkan kepada pasangan Ahmad Afandi kelas XI MM dan Lailatul Nur S kelas XI TKJ.

Disudut lain halaman sekolah nampak suasana ramai oleh tepukan penonton usai panitia  mengumumkan hasil penilaian lomba mendongen oleh dewan juri. Bpk Winarto dan Bpk Afik yang dipercaya sebagai tim juri memberi nilai teritinggi pada Itta Faana kelas XI TKJ 1 yang otomatis menjadi juara I, Juara ke dua diberikan kepada Rafif Hendry Mahatma Khairudin kelas X TKR 2 sedangkan Dita Julisa P kelas X TGSA menjadi pemenang ke tiga.

Sementara itu disisi halaman SMKN 1 Tuban tumpah ruah penonton dan peserta lomba membaca surat Kartini yang menunggu dibacakannya hasil oleh dewan Juri. Bpk Agus Sukiyanto dan Ibu Suci Wuryaningsih akhirnya mengumumkan pemenangnya dan juara pertama dihadiahkan pada pembaca terbaik yaitu Vionna Indah Sitoresmi kelas X KI 2 sedangkan Fuad Nur Hidayat kelas X IL 2 berpredikat juara ke dua sedangkan juara ke tiga diberikan kepada kelas X KI 1 atas nama Ika Favia.

Tak mau ketinggalan dengan anak didiknya Bpk Ibu Guru dan Karyawan juga larut dalam hiruk pikuk peringatan hari Kartini tatkala Dewan juri yang didatangkan khusus dari kota Sidoarjo memberikan penilaian dan sekaligus mengumumkan pemenang lomba menghias tumpeng yang diikuti oleh lima belas tim terbaik ini. Pasangan dari unit kerja Departemen Mesin yang diwakili Pak Taufik dan Pak Tono telah menawan hati dewan juri sehingga nilai tertingginya jatuh padanya dan Tim Departemen Mesin dinyatakan sebagai juara pertama. Pasangan ibu Novita Trismayanti dan Ibu Sintya Kharin Diniarti yang mewakili Departemen Kimia tak mampu menyembunyikan kegembiraannya setelah dewan juri menyebut namanya sebagai juara ke dua. Dan terakhir unit kerja Dharma wanita persatuan SMK N 1 Tuban yang diwakili oleh Ibu M Achwan dan Ibu Riyanto harus puas dengan peringkat ke tiga dalam ajang lomba menghias tumpeng ini.

Alhamdulillah perayaan hari Kartini tahun ini sukses digelar saya senang dan bangga walau saya tidak kebagian hadiah dan piala seloroh ibu Tatik Nurhayati yang turut andil dalam lomba menghias tumpeng. Semua pemenang mendapat piala dan uang pembinaan dari panitia semoga ini bermanfaat walau nilainya tidak seberapa ujar Ibu Lilik Retnowulan yang bertindak sebagai panitia hari kartini tahun 2017.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA Indeks