INFO SEKOLAH HUBUNGI

0356321422

Jalan Mastrip No. 2 Kab. Tuban Jawa Timur

BERITA

YUSRIL DAN SITI MENANGI LOMBA INOVASI PRODUK MAMIN

YUSRIL DAN SITI MENANGI LOMBA INOVASI PRODUK MAMIN

Kebanggaan membuncah diraut wajah Yusril dan Siti Khotimah setelah keduanya dinyatakan berhasil meraih peringkat pertama dan ke dua dalam pagelaran bergensi yang diadakan oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban. Mereka berdua adalah siswa siswi kelas XII Kimia Industri dan Kimia Analis SMK Negeri 1 Tuban.

Tahun 2017 ini Dinas Koperindag Kabupaten Tuban menghelat lomba yang diberi titel Lomba Inovasi Produk Makanan Ringan dengan tujuan untuk memperkaya produk-produk unggulan asli dari Kabupaten Tuban yang mampu menhadirkan makanan ringan yang diolah dari bahan-bahan yang mudah di dapat di wilayah Tuban. Pada kategori pelajar diikuti oleh sekolah-sekolah yang ada di Bumi Wali diantaranya dari SMA, SMK dan MA. Dari sekian banyak peserta yang berpartisipasi kemudian diadakan seleksi secara bertahap untuk mendapatkan juara. Tahap pertama adalah seleksi proposal dan komposisi produk sedangkan tahap II adalah presentasi dari peserta yang harus memaparkan latar belakang pemilihan produk dan juga menjelaskan keunggulan dan manfaat produk yang dibuat dibanding produk yang dihasilkan oleh peserta lainnya.

Yusri Danang Mahendra yang biasa dipanggil Yusril ini adalah siswa kelas XII Kimia Industri SMK negeri 1 Tuban dia adalah pemenang pertama dengan produk yang dibuat adalah Mie Lidi Kelor, saya memilih produk ini karena banyak sekali keunggulan dan belum pernah ada yang memproduksinya. Mie ini bentuknya sama dengan mie yang dipasarkan pada umumnya namun mie yang saya produksi ini mempunyai banyak keungglan paparnya. Karena komposisi bahan utamanya adalah daun kelor maka kandungan vitamin dan zat-zat lain yang ada di daun kelor sangat mendominasi pengaruhnya. Daun kelor sesuai dari hasil studi literasi yang saya lakukan mengandung vitamin A tujuh kali lebih banyak dari wortel dan juga kandungan vitamin C nya lebih besar tujuh kali dari jeruk.

Sedangkan alasan dibuat produk mie karena saya memandang kebiasaan masyarakat Tuban yang gemar mengkonsumsi mie, jadi dengan produk ini saya berharap budaya makan mei tetap berjalan namun dapat memperoleh lebih banyak manfaat dari sekedar kenyang tetapi juga ada asupan makanan yang penuh dengan vitamin dan Gizi selorohnya.

Lain Yusril lain pula Siti Khotimah, Ia yang juga mengikuti lomba dengan produk inovasi berupa kue Kukis dari daun kelor. Siti panggilan akrabnya dalam kesempatan berbeda menyampaikan bahwa kue yang dibuat tampilan dan rasanya tidak kalah dengan kue-kue yang ada dipasaran namun kue buatan saya jauh lebih berguna bagi kesehatan kata siti sambil mempromosikan produk andalannya.

Memang dalam ajang lomba tersebut produk inovasi karya Siti berhasil meraih nilai tertinggi ke dua setelah Yusril sehingga juara ke dua mampu direngkuhnya. Lumayan hadiah dari lomba dapat digunakan untuk keperluan sekolah, Yusril sebagai pemenang pertama mendapat sertifikat, piala dan uang pembinaan sebersar 3 (tiga) juta rupiah sedangkan Siti Khotimah sebagai juara kedua mendapat sertifikat, piala dan hadian berupa uang Rp. 2.500.000 ( dua juta lima ratus ribu rupiah).

Ibu Retno Indraswari, S.Pd. selaku pembimbing mengucapakan syukur Alhamdulillah atas prestasi anak asuhnya, memang mereka berdua sangat rajin dan bekerja keras dalam mengikuti exstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja. Rasa ingin tahu yang tinggi membuat mereka mampu meraih kesuksesan.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA Indeks