INFO SEKOLAH HUBUNGI

0356321422

Jalan Mastrip No. 2 Kab. Tuban Jawa Timur

BERITA

PILKASIS 2017 BERBASIS E-VOTING

PILKASIS 2017 BERBASIS E-VOTING

Inovasi terbaru dari panitia pemilihan ketua OSIS sungguh membanggakan. Dengan sistem ini pemilihan ketua OSIS dapat berjalan lebih efisien, dan mendukung program adiwiyata untuk mengurangi penggunaan kertas, serta yang lebih penting adalah pemegang hak suara dapat menggunakan haknya dengan jujur dan bertanggung jawab.

Zilal  Al Muharir selaku ketua umum panitia pilkasis (pemilihan ketua Osis) mengatakan bahwa sesuai dengan perkembangan zaman kami ingin pemilihan ketua OSIS kali ini dapat mengadopsi kemajuan teknologi informasi apalagi sekolah kita adalah sekolah yang mempunyai keunggulan dibidang IT, maka kami sepakat mengunkan E Voting sebagai sarana memilih ketua OSIS yang baru. Sarana prasarana dan perangkat lunak yang kami gunakan semua adalah milik kita sendiri, hal ini membuktikan bahwa kami sangat respek dengan kemajuan teknologi.

Pemegang hak suara yaitu warga sekolah yang terdiri dari siswa siswi dan Bpk/ Ibu Guru keseluruhan sejumlah 1884, tutur Rosyidah yang didapuk sebagai bendahara kegiatan.

Untuk menjaga kualitas suara pemilih, maka setiap pemegang hak suara diberi password khusus sehingga tidak dimungkinkan adanya penggunaan hak suara ganda. Siswa-siswi menggunakan NIS sebagai identitas sedangkan bpk/ ibu guru dibuatkan kode khusus oleh panitia. Pemilihan ketua OSIS kali ini benar-benar dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya, ujar Lailatul Nur Sholihah yang biasa dipanggil lala ini.

Rangkaian pemilihan ketua OSIS dimulai dengan penentuan kandidat, pengurus OSIS lama (periode 2016/2017) membentuk tim khusus yang beranggotakan pengurus OSIS dan perwakilan kelas serta unsur Pembina, tim ini disebut pansel atau panitia seleksi yang bertugas menentukan kriteria bagi calon kandidat yang akan diajukan sebagai calon ketua untuk dipilih dalam pilkasis. Ilham selaku ketua pansel mengutarakan bahwa cara ini dipilih karena kami beranggapan bahwa ketua yang baik adalah orang yang diajukan oleh orang lain bukan karena ambisi dari diri sendiri. Oleh karena itu dari sekian banyak kandidat akhirnya panitia seleksi memutuskan tiga nama yang akan diajukan untuk dipilh menjadi ketua OSIS pada periode 2017/2018.

Tiga kandidat yang mendapat rekomendasi dari pansel yaitu: Didik Wahyu Santoso kelas XI IL1 yang mendapat nomor urut 1, kemudian M Azharudin Najib kelas XI TKR 2 memperoleh namor urut 2 dan Febrian Alaudin Masudi perwakilan kelas XI TPM 3 mengantongi nomor urut 3. Alhamdulillah tiga kandidat ketua OSIS yang disetujui oleh Pansel semua mempunyai track record yang baik sehingga ketiga-tiganya layak untuk dipilih dan memimpin teman-temannya ujar Ibu Eva Zumrotin selaku Pembina OSIS.

Hari senin 20 Nopember 2017 ketiga calon diberi kesempatan untuk menyampaikan visi misinya didepan pemegang suara, Didik dalam pidatonya menyampaikan bahwa jika dia terpilih manjadi ketua OSIS dia akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya dengan slogan “Kami memberi bukti bukan janji”. Berikutnya giliran M Azharudin tampil kemuka untuk menyampaikan orasinya diiringi gegap gempita yel-yel pendukungnya Azharudin menyampaikan motonya “Al-Ittihadu Assasunnajah atau persatuan adalah pondasi kesuksesan”, Sedangkan Febrian pada kesempatan ketiga dengan lantang menyampaikan ikrarnya yang bermoto “Berani Berbuat Harus Berani Bertanggung Jawab”.

Sungguh ini adalah pelajaran berdemokrasi secara nyata ujar Bpk. Sugito saat menyaksikan penyampaian visi misi para kandidat. Mudah-mudahan pengalaman yang baik ini dapat menjadi bekal anak-anak saat nanti terjun di masyarakat, mereka dapat belajar bagaimana bertanggungjawab terhadap hak suara yang dimiliki untuk dipergunakan sebaik-baiknya dalam memilih pemimpin yang amanah. Mereka mampu belajar bahwa perbedaan visi misi tidak harus menjadi penyebab permusuhan sambungnya.

Hari pemungutan suara akhirnya tiba jua. Sehari selepas penyampaian visi misi semua kandidat telah siap bersama pendukungnya untuk menyaksikan pemungutan suara yang bertempat di Aula SMK Negeri 1 Tuban. Pada hari itu suasana aula berubah layaknya TPS pada PILKADA atau PILEG. Dibagian muka berjejer perangkat elektronik yang akan digunakan sebagai alat pemungutan suara. Sunarto staf SMK Negeri 1 Tuban yang merancang software E Voting menyatakan bahwa semua perangkat telah siap, hasil perhitungan suara dapat diketahui seketika itu dan dapat diakses oleh yang berkenpentingan, tapi untuk menjaga fair play maka hasilnya baru akan dishare setelah pemungutan resmi ditutup.

Hasil perhitungan secara elektronik meperlihatkan penyebaran suara yang hampir imbang, Febrian yang sebelumnya tidak diunggulkan secara mengejutkan memimpin perolehan suara disusul azharudin dan Didik menempati posisi ketiga. Dengan demikinan ketua OSIS SMK Negeri 1 Tuban periode 2017/2018 dijabat oleh Febrian.

Pada kesempatan pidato pertamanya Febrian mengucap syukur Alhamdulillah atas kepercayaan warga sekolah yang telah memilihnya, sungguh saya tidak pernah menyangka akan memenangkan dalam PILKASIS ini. Pada kesempatan kali ini saya ucapkan rasa terima kasih yang sebesarnya kepada orangtua saya yang selalu mendorong untuk ikut pilkasis ini, sungguh kalau bukan motivasi dari orangtua sebetulnya saya tidak berani maju sebagai calon dalam pesta demokrasi ini.

Alhamdulillah semua proses pilkasis dapat berjalan lancar ujar Ibu Endang Hariyani selaku penanggung jawab kegiatan anak-anak telah melaksanakan pilkasis layaknya orang dewasa dalam berdemokrasi, tidak ada pertengkaran, tidak terjadi kecurangan, tidak ada percekcokan semua mengikuti aturan, semua menghormati hasil yang didapat.  Dari total 1884 hak pilih tercatat 1400 pemegang hak suara menggunakan haknya. Sedangkan 484 tidak hadir dan sesuai dari penelusuran panitia bahwa mereka yang tidak hadir karena pada saat pemilihan berlangsung mereka masih melaksanakan PSG.

Selamat pada Febrian semoga amanah Aamiin.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA Indeks