INFO SEKOLAH HUBUNGI

0356321422

Jalan Mastrip No. 2 Kab. Tuban Jawa Timur

BERITA

PENCIL Pengusaha Cinta Lingkungan

PENCIL Pengusaha Cinta Lingkungan

Aktivitas siswa siswi yang tergabung dalam kelompok PENCIL pengusaha cinta lingkungan SMK Negeri 1 Tuban sore itu selepas kegiatan pembelajaran kelihatan begitu meriah, sebagian siswa keliling lingkungan sambil membawa keranjang mereka berbupar mengelilingi lokasi sekolah untuk mendapatkan satu dua sampah yang mungkin masih tertinggal. Dengan kesadaran penuh mereka ingin sekolahnya benar-benar bersih dari kotoran yang merusak pandangan mata.

Sementara itu di rumah kompos kegiatan memilih dan memilah sampah tak kalah ramainya. Botol plastik minuman dikumpulkan menyendiri kemudian sampah kertas juga dipilah dan disisihkan tak kecuali sampah-sampah organik  ditumpuk disudut luar rumah kompos. Botol-botol plastik yang telah dibersihkan sebagian ditimbang dan sebagian lainnya dibuat aneka macam kerajinan. Demikian pula sampah kertas juga tidak luput dibuat bermacam aneka kerajinan yang menjadi kelihatan berkelas.

Diiringi dengan suara deru mesin pencacah sampah anggota PENCIL terus menebar tawa karena tumpukan sampah organik yang tadi kelihatan menggunung lambat laun hilang dan berubah menjadi bahan kompos yang siap diolah menjadi pupuk organik yang bermanfaat.

Dwi ardianto sang ketua PENCIL menjelaskan bahwa siswa yang bergabung dalam kelompok ini adalah siswa-siswi yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan mereka merasa resah jika banyak ditemukan sampah di sekolah. Sedangkan Arvendo bercerita bahwa selain belajar hidup ramah dengan lingkungan anggota kelompok pencil juga belajar berwirausaha mereka mulai belajar bagaimana merubah sampah menjadi berkah. Sampah plastik yang tidak dijadikan kerajinan mereka jual dipengepul dan uangnya dapat digunakan untuk menambah uang saku. Demikian juga kompos yang berhasil dibuat juga dipasarkan kepada masyarakat dan mereka mendapat uang dari itu. Jadi kegiatan ini saya rasa sangat bermanfaat bagi anggota pencil karena selain untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat juga dapat menambah uang saku dan saya bermimpi suatu saat nanti akan menjadi pengusaha yang sukses yaitu pengusaha yang sadar akan lingkungan dan bisa memanfaatkan sampah menjadi berkah tuturnya. Amin.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA Indeks