INFO SEKOLAH HUBUNGI

0356321422

Jalan Mastrip No. 2 Kab. Tuban Jawa Timur

BERITA

LAUNCHING KANTIN KEJUJURAN

LAUNCHING KANTIN KEJUJURAN

Senin pagi bertepatan dengan tanggal 8 Januari 2018 terlihat hiruk pikuk suasana diarea kantin sekolah, Bpk/ Ibu guru terlihat berjajar rapi di samping siswa-siswi yang duduk dengan manis. Di depan mereka terpajang etalase yang memamerkan makanan minuman yang beraneka ragam dan mengundang selera.

Itulah gambaran saat upacara launching kantin kejujuran dilakukan, pada kesempatan pembukaan Kepala SMK Negeri 1 Tuban menyampaikan sambutan yang intinya berpesan bahwa semua warga sekolah harus bersyukur dengan berdirinya kantin kejujuran ini. Melalui kantin kejujuran warga sekolah dapat mengaplikasikan norma-norma yang selama ini dipelajari dan telah dipahami. Melalui kantin kejujuran sekolah dapat melihat secara langsung hasil nyata dari proses pembelajaran tentang etika. Apakah anak-anak hanya sekadar mengetahui apa itu kejujuran, paham manfaat untuk apa itu kepecayaan atau mereka telah dapat secara nyata menerapkan perilakunya dalam kehidupan kesehariannya

Bapak Kepala sekolah menyatakan bahwa sekolah tidak boleh hanya berhenti pada pemberian materi secata teori semata, tetapi  sekolah harus berupaya bagaimana agar norma keluhuran benar-benar diterapkan kedalam dunia nyata atau dalam bahasa kerennya sekolah tidak boleh hanya berhenti pada proses learn to know tetapi harus sampai pada learn to do.. Beliau mengambil contoh sederhana tentang proses pembelajaran yang hanya sampai pada learn to know anak-anak sudah diajarkan dan mengetahui apa itu tempat sampah, apa gunanya, bagaimana menggunakannya. Tetapi dalam kehidupan sehari-hari masih saja perilaku anak-anak dalam membuang sampah dilakukan dengan sembarangan, ini artinya bahwa pembelajaran yang selama ini dilakukan hanya berhenti pada tataran mengetahui dan memahami tidak berlanjut pada perilaku nyata. Hal ini tentu berlaku juga dengan pembelajaran tentang budi pekerti yang salah satunya adalah sikap jujur itu.

Sekolah berharap melalui kantin kejujuran anak-anak bisa mempraktekkan apa yang diketahui, apa yang dipahami menjadi tindakan nyata. Mereka belajar membayar makanan dan minuman sesuai dengan harga yang ditentukan tanpa pengawasan siapa pun, mereka belajar berdisiplin antri tanpa harus dikomando, mereka belajar menerapkan cara makan dan minum sesuai adab yang benar tanpa diperingatkan, mereka bertanggung jawab dengan kebersihan dan kesehatan kantin tanpa diintimidasi dan lain sebagainya.

Disamping itu bapak kepala sekolah juga mengingatkan, kantin kejujuran akan berjalan dengan benar jika yang jujur tidak hanya yang membeli  saja tetapi semua yang terlibat dalam pengelolalaan juga harus berperilaku jujur, baik itu yang menyediakan makanan dan minuman, yang membesihkan kantinnya, yang mengurusi administrasinya, yang mengelola keuangannya pada prinsipnya semua wajib jujur. Jika komitmen ini dilakukan in sya allah akan membuahkan hasil yang baik.

Pada kesempatan yang terpisah manager Kantin Kejujuran Ibu Noviana, S.Pd. menyampaikan bahwa keuntungan yang didapatkan dari transaksi jual beli di kantin kejujuran semua akan dikembalikan kepada anak-anak berupa bea siswa bagi yang tidak mampu, jadi anggap saja berbelanja di kantin kejujuran ini sebagai bagian dari upaya membantu meringankan yang tidak mampu atau istilahnya subsidi silang, yang kaya membantu yang kurang beruntung in syaa allah akan barokah.

Untuk menjaga kenyamanan, ketertiban, kebersihan dan menjaga kualitas layanan kantin, maka diarea kantin telah disediakan meja dan tempat duduk yang nyaman, dipasang rambu-rambu yang mengatur arah masuk dan keluar, juga ada petunjuk tentang tata cara berbelanja dikantin kejujuran, terpasang juga adab makan yang benar dilengkapi dengan bacaan doa sebelum dan sesudah makan serta tidak ketinggalan dipasang tata tertib selama berada diarea kantin imbuh Hery Prastyawan yang menjabat kepala kantin kejujuran.

Alhamdulillah wahana untuk menerapkan norma-norma budi pekerti mendapat tempat yang baik, mudahan-mudahan usaha sekolah dalam menjadikan anak didik menjadi manusia yang bermanfaat dan bermatabat dapat tercapai ujar Bpk Drs. Nuryanto yang ikut dalam prosesi peluncuran kantin kejujuran.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA Indeks