• SMK NEGERI 1 TUBAN
  • Terdepan dan Terpercaya

STUBA SMKN 3 JOMBANG DAN SMAN JATIROTO LUMAJANG DI SMKN 1 TUBAN

Dua sekolah yang berbeda pada bulan Desember 2016 bergantian mengadakan kunjungan ke SMK N 1 Tuban dalam rangka study banding dan melaksanakan pertandingan persahabatan dibidang Olahraga dan Seni.

Pertama SMK Negeri 3 Jombang mengunjungi sekolah pada tanggal 6 desember 2016. Rombongan berjumlah 20 orang guru dipimpin langsung oleh kepala sekolah Bpk. Drs Gatot. Maksud study banding kami adalah untuk menimba ilmu terkait dengan pengelolaan sekolah adiwiyata mandiri kebetulan saat ini kami sedang mempersiapkan diri menuju sekolah adiwiyata mandiri dan kami ingin mengikuti jejak SMKN 1 Tuban yang telah lebih dulu berhasil meraih predikat itu demikian tutur kepala smkn 3 jombang.

Dalam kesempatan pertemuan yang dilaksanakan diruang rapat tim adiwiyata smkn 3 Jombang banyak menanyakan tengtang bagaimana sekolah sebesar ini mampu membudayakan pelestarian lingkungan dalam setiap kegiatannya tidak terlihat sampah secuilpun disudut sudut sekolah, ada juga yang meminta masukan terkait dengan pembinaan pada siswa agar mau dan mampu serta peduli dalam menjaga dan merawat sekolah kita melihat suasana lingkungan smkn 1 tuban sangat bersih dan rindang bagaimana mengkondisikan siswa sehingga mereka mau menjaga kebersihan dan merawat sekolah tanya salah satu tim adiwiyata smk 3 jombang.

Terkait pengelolaan administrasi 4 dokumen adiwiyata tim dari jombang langsung diajak menuju ruang adiwiyata mereka ditemui oleh Koordinator adiwiyata smkn 1 tuban ibu Dra Tatik nurhayati yang didampingi ibu Endang H selaku waka kesiswaan serta Ibu Deny selaku koordinator lama yang telah mengantarkan sekolah adiwiyata mandiri. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan diperlihatkan semua serta dipersilahkan jika ingin mengcopy untuk dikembangkan di SMKN 3 Jombang.

Setelah semua keterangan dan data diperoleh tim menyampaikan banyak terimakasih atas segala masukan dan kesempatan yang diberikan pada rombongan SMKN 3 jombang untuk bisa belajar langsung bagaimana pengelolaan sekolah adiwiyata mandiri. Banyak hal yang telah kami dapatkan banyak ilmu yang telah kami serap mudah-mudahan tahun 2017 SMKN 3 Jombang mampu merengkuh predikat sekolah adiwiyata mandiri laiknya smkn 1 Tuban sambung Bpk. Gatot dan kami beserta rombongan mohon maaf sekiranya kedatangan kami ini banyak merepotkan teman teman disini dan kami juga menunggu kedatangan rombongan SMK N 1 Tuban sekiranya mau bersilaturohmi ke Jombang sekaligus mengecek kemajuan pengelolaan sekolah adiwiyata di sekolah kami lanjut Bpk. Kasek SMK N 3 Jombang ini.

Study banding ke dua dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 12 desember 2016 yaitu SMAN Jatiroto Lumajang, rombongan yang menyewa satu Bus ini membawa 35 orang yang terdiri dari bpk/ Ibu Guru serta siswa yang tergabung dalam tim Olahraga. Kami berangkat dari Lumajang setelah subuh pada hari minggu dan sampai disini pukul 2 siang terang Bpk. Imam selaku ketua rombongan.

Kegiatan study banding lebih banyak diisi dengan pertandingan persahabatan pada bidang olahraga  yaitu Volly putra, Volly Putri basket dan juga Footsal. Kami sangat senang bisa bertandang di SMKN 1 Tuban sungguh kami sangat terkesan dengan kondisi sekolah yang luas rindang bersih dan nyaman terang salahsatu siswa yang ikut dalam rombongan.

Minggu malam tanggal 12 Desember dilakukan ramahtamah serta jamuan malam yang bertempat di aula SMKN 1 Tuban dalam kesempatan sambutan kepala SMK N 1 Tuban menyampaikan ucapan selamat datang semoga kunjungan ini mampu meningkatkan silaturohmi antara keluarga besar SMKN 1 Tuban dan SMAN 1 Jatiroto Lumajang kami mempersilahkan pada rombongan untuk bertukar informasi bertukar pengalaman dalam pengelolaan sekolah. Terkait dengan pengelolaan kesiswaan SMK Negeri 1 Tuban berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang maksimal demi tumbuh kembangnya bakat dan minat para siswa semua. Di sekolah kami terdapat 24 jenis exstrakurikuler yang disediakan bagi para siswa mulai dari seni, olahraga, keagamaan, maupun dibidang pengembangan skill dan kreatifitas terang Bpk basuki.

Dalam acara jamuan malam tersebut juga diisi dengan tampilan karawitan maju Budoyo Senior yang terdiri dari Bpk/Ibu Guru dan karyawan yang menyuguhkan beberapa gending sebagai pengisi acara. Demikian juga kelompok hadrah yang merupakan gabungan Bpk/Ibu guru dan karyawan juga turut menyemarakkan suasana dengan melantungkan beberapa tembang rohani. Tak ketinggalan group karawitan maju budoyo junior yang beranggotakan para siswa juga menghangatkan suasana dengan gending-gending campursari yang dibawakan oleh para siswa-siswi terbaik ini.

Sedangkan dalam kesempatan mengisi acara, rombongan SMAN Jatiroto menampilkan drama berkisah tentang pergaulan anak muda yang penuh elegi dan cinta.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengumuman Kelulusan SMK NEGERI 1 TUBAN Tahun 2023

Menindaklanjuti Nota Dinas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro tanggal 4 Mei 2023 tentang Pengumuman Kelulusan SMA/SMK Tahun 2023, maka  perlu disampaikan hal-hal seb

05/05/2023 08:55 - Oleh Administrator - Dilihat 971 kali
MikroTik Academy SMK Negeri 1 Tuban

SMKN 1 Tuban memiliki program pelatihan jaringan komputer yang sangat terkenal, terutama di bidang router dan sistem jaringan. Salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh sekolah i

15/03/2023 10:00 - Oleh Administrator - Dilihat 832 kali
Indonesia ukir prestasi di Worldskills Competitions 2019

Perhelatan Akbar Kompetisi keahlian Dunia berakhir semalam 27 Agustus 2019 di Kazan Arena, Rusia.  Alhamdulillah..Indonesia menoreh prestasi yang membanggakan dengan rincian : - S

07/10/2019 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2379 kali
Ayo Menulislah untuk Menginspirasi Indonesia menjadi Lebih Baik

Ikuti workshop kepenulisan bersama Dr. N. Faqih Syarif H, M.Si - Spiritual Motivator , Penulis Buku dan Entrepreneur. Di bimbing lgs sampai menjadi Buku selama tiga bulan. Tgl 23 Agustu

07/10/2019 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2343 kali