• SMK NEGERI 1 TUBAN
  • Terdepan dan Terpercaya

Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif dengan memanfaatkan elemen-elemen visual untuk menyampaikan pesan. Pesan yang disampaikan tentunya memiliki tujuan tertentu, misalnya untuk menyampaikan informasi atau tujuan persuasi yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Saat ini DKV tidak hanya ada dijenjang perguruan tinggi melainkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pun sudah menyediakan Kompetensi Keahlian DKV. 

Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Seni Rupa pada Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif. Kompetensi Keahlian DKV adalah jurusan dibidang seni, yang fokus kepada pembuatan karya / konten kreatif yang dapat dibagikan dalam berbagai jejaring media sosial seperti Youtube, Instagram, Tik-Tok, Twitter atau jejaring media sosial lainnya.

Pada proses pembelajaran selama tiga tahun, siswa program keahlian Desain Komunikasi Visual memfokuskan diri pada keahlian di bidang DKV. Tujuan utama dari SMK adalah agar siswanya bisa cepat bekerja setelah lulus, sehingga penekanan materi pembelajaran lebih kepada keahlian teknis, yaitu membuat sebuah karya desain. Siswa akan difokuskan pada penguasaan sebuah software desain, seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan sebagainya. Selain itu, yang lebih menarik akan ada kunjungan industri ke perusahaan sesuai dengan jurusan DKV.

Berikut adalah beberapa mata pelajaran yang akan diajarkan pada SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual:

  1. Dasar-Dasar Seni Rupa

Materi pokok mata pelajaran ini adalah membahas mengenai unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur-unsur ini diantaranya antara lain adalah titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar.

  1. Gambar Sketsa

Mata pelajaran ini membekali siswa dengan teknik, media, dan alat yang digunakan untuk menggambar sesuai jenis gambar yang dibuat.
Materi pokok pada mata pelajaran ini adalah tentang pengertian, jenis, sejarah awal, perkembahan, dan tokoh seniman sketsa.

  1. Desain Seni Rupa

Desain publikasi akan mempelajari tentang bagaimana merancang hingga membuat konsep karya desain publikasi baik indoor maupun outdoor.  Siswa juga akan dibekali bagaimana mempresentasikan konsep dasar branding dan komunikasi pemasaran dengan desain publikasi, hingga menghitung biaya produksi desain.

  1. Komputer Grafis

Pada mata pelajaran Komputer Grafis siswa akan diajarkan untuk mengolah gambar secara digital dengan bantuan software- software yang ada untuk menghasilkan gambar-gambar yang menarik sesuai imajinatif kreatif para desainer. Siswa akan diajarkan dan dilatih menguasai tools-tools dari sebuah software desain, sehingga siswa bisa segera memahami tools yang akan digunakan dalam membuat sebuah karya desain.

  1. Fotografi

Pada mata pelajaran fotografi, siswa akan dikenalkan dengan berbagai macam jenis kamera, teknik penggunaan kamera, hingga mempresentasikan hasil karya fotografi. Siswa juga akan diajarkan bagaimana fotografi bisa menjadi sarana untuk menyampaikan informasi atau pesan sehingga selain menggunakan prinsip dan teknik secara estetika fotografi juga terdapat strategi untuk menyampaikan pesan tersebut

6. Videografi

Materi pokok pada mata pelajaran ini adalah bagaimana mempresentasikan konsep dan kegunaan videografi dalam Desain Komunikasi Visual, memahami proses dan teknik videografi hingga mempresentasikan hasil karya videografi. Secara teknis, siswa akan dibekali agar mampu berkarya videografi (membuat scenario iklan/film indie, storyboard, shooting/pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software yang ada misalnya adobe premier,pinnacle dan corel video studio.

Lulusan DKV memiliki banyak sekali prospek didunia kerja saat ini diantaranya Graphic Designer, Web Designer (UI/UX), Animator, Illustrator, Video Editor, Photo Editor, Creative Director, Art Director, Content Marketer, Content Creator, Video Game Designer, Branding dan lain-lain.

Studio

Studio

Produk Uji Kompetensi Keahlian

Produk Uji Kompetensi Keahlian DKV 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
LINIERITAS

23/11/2023 09:51 - Oleh Administrator - Dilihat 355 kali
KETERSERAPAN

23/11/2023 09:47 - Oleh Administrator - Dilihat 315 kali
KEWIRAUSAHAAN

KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN  SMK NEGERI 1 TUBAN                  

23/11/2023 09:28 - Oleh Administrator - Dilihat 354 kali
PKL

KEGIATAN PKL            

23/11/2023 09:28 - Oleh Administrator - Dilihat 415 kali
BKK

BKK

23/11/2023 09:26 - Oleh Administrator - Dilihat 385 kali