• SMK NEGERI 1 TUBAN
  • Terdepan dan Terpercaya

Teknik Jaringan Komputer & Telekomunikasi

Teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat sekarang ini. Dalam era industri 5.0, semua perusahaan yang menggunakan basis teknologi banyak membutuhkan tenaga kerja terampil dan ahli di bidangnya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi sebuah pilihan utama untuk mencetak tenaga ahli yang terampil dan siap kerja dalam menghadapi perkembangan teknologi sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Salah satu program keahlian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mengakomodir lulusan kerja yang siap dalam menghadapi perkembangan teknologi adalah Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Konsentrasi Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT).

Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi merupakan ilmu berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkait kemampuan merencanakan, merancang, dan membangun jaringan komputer, dan berbagi data antara perangkat komunikasi seperti internet dan seluler. Dalam proses pendidikan selama di SMK Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, siswa akan diajari dari tingkat dasar tentang perakitan, perbaikan komputer, perbaikan peripheral, jaringan, sampai dengan keamanan jaringan. Dengan semua keahlian yang diajarkan secara lengkap sejak tingkat pertama sampai dengan akhir, diharapkan siswa mampu berkompetisi sesuai dengan keahlian dalam dunia kerja yang berbasis teknologi.

Kepercayaan masyarakat dibuktikan dengan animo lulusan SMP yang ingin melanjutkan ke SMK pada Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMK Negeri 1 Tuban sangat besar, sejak dibukanya program keahlian ini hingga sekarang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sisi baiknya adalah siswa-siswi yang masuk ke Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi ini berasal dari siswa-siswi lulusan SMP terbaik, tentu saja hal ini merupakan kebanggaan bagi SMK Negeri 1 Tuban khususnya Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, sekaligus juga ini merupakan tantangan untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi para siswa.

Fasilitas yang dimiliki Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Negeri 1 Tuban antara lain:

  1. Laboratorium Jaringan Komputer
  2. Laboratorium Fiber Optic (FO) standar Telkom Indonesia
  3. Smart Classroom Axioo Class Program

Dalam rangka untuk update kompetensi para siswa di bidang teknologi informasi terkini, fasilitas di Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Negeri 1 Tuban telah dilengkapi dengan Tools instalasi jaringan berbasis Fiber Optic. Teknologi Fiber Optic juga telah diterapkan pada backbone jaringan komputer di SMK Negeri 1 Tuban. Disamping itu SMK Negeri 1 Tuban telah bekerja sama dengan Axioo Class Program (ACP) menyiapkan sebuah sekolah yang berbasiskan budaya industri. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain : pembentukan kelas industri, sinkronisasi kurikulum, workshop berkelanjutan untuk guru, pembelajaran berbasis IT, sertifikasi, prakerin atau pemagangan dan rekrutmen tenaga kerja. Terbaru SMK Negeri 1 Tuban juga menjadi bagian dari MikroTik Academy.

Berkenaan dengan prestasi terkait kompetensi keahlian, Progli Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Negeri 1 Tuban juga sering berpartisipasi. Dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dibidang IT Network System Administration, siswa Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Negeri 1 Tuban sering berprestasi mewakili Kabupaten Tuban/Wilker 1 Jatim tampil di tingkat Provinsi Jawa Timur. Pada tahun 2023 Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Negeri 1 Tuban mengikuti 2 bidang lomba yaitu IT Network System Administration dan Cloud Computing.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
LINIERITAS

23/11/2023 09:51 - Oleh Administrator - Dilihat 304 kali
KETERSERAPAN

23/11/2023 09:47 - Oleh Administrator - Dilihat 264 kali
KEWIRAUSAHAAN

KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN  SMK NEGERI 1 TUBAN                  

23/11/2023 09:28 - Oleh Administrator - Dilihat 302 kali
PKL

KEGIATAN PKL            

23/11/2023 09:28 - Oleh Administrator - Dilihat 353 kali
BKK

BKK

23/11/2023 09:26 - Oleh Administrator - Dilihat 322 kali