• SMK NEGERI 1 TUBAN
  • Terdepan dan Terpercaya

BRAVO! Tim SMK N 1 Tuban Menyabet Juara I LKIR Nasional 2016

Slogan SMK Negeri 1 Tuban “Terdepan dan Terpercaya” kembali diteguhkan oleh siswa-siswinya, melalui berbagai prestasi yang diraih baik ditingkat lokal maupun Nasional. Di pertengahan tahun 2016 sekali lagi SMK Negeri 1 Tuban menyabet prestasi bergengsi dengan raihan juara I (satu) LKIR (lomba karya ilmiah remaja) yang di helat di Kota Yogyakarta.

Melalui trio yang terdiri dari M Yusuf Aldi kelas XI Kimia Industri, Latif Wahyudi kelas X Kimia Industri dan Siti Nur Amin kelas X Kimia Analis berhasil menyisihkan ratusan tim dari sekolah seluruh Indonesia yang ikut dalam kompetisi tahunan ini. Tim ini dibina oleh Ibu Retno Indraswari, S,Pd., M.Si. dan Syntia Kharin Diniarti, S.Pd. mengambil tema Pemanfaatan Limbah Kulit siwalan Menjadi Briket.

Proses lomba diawali dari pemberitahuan dari panitia melalui email sekolah kemudian ditindak lanjuti oleh tim yang tergabung dalam kelompok exstrakurikuler KIR. Penelitian tentang pemanfaatan kulit siwalan menjadi briket dilalui melalui beberapa kali exsperimen, sejak Januari tim terus menerus mencari kombinasi yang pas sebagai briket yang mempunyai nilai kalor yang tertinggi.

Setelah dirasa mendapatkan komposisi yang tepat proposal dikirim ke panitia kemudian dilakukan penelitian dan pemeriksaan secara seksama akhirnya proposal yang masuk kepanitia lebih dari ratusan sekolah dipilih 20 terbaik dan satu diantaranya adalah proposal dari tim SMK Negeri 1 Tuban.

Tanggal 23 Mei adalah saat siswa siswi terbaik ini mempresentasikan hasil penelitiannya di depan dewan Juri dan trio siswa siswi dengan kemampuan dan penguasaan materinya mampu memukau serta meyakinkan panitia  akhirnya berhasil menyisihkan 20 tim yang diundang dalam babak final. Raihan prestasi tahun ini adalah yang kedua di even LKIR Nasional sebagai juara I setelah tahun lalu 2015 tim SMK Negeri 1 Tuban juga berhasil merengkuh Juara I melalui penelitiannya BIO PLASTIK.  Dengan predikat Juara I mereka berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan. Hasil lengkap pemenang LKIR tahun 2016 adalah sebagai berikut: Juara I SMK Negeri 1 Tuban dengan judul Pemanfaatan Limbah Kulit Siwalan Sebagai Briket; Juara II MAN Model Medan dengan judul Potensi Limbah Kulit Bawang Untuk Mereduksi Kolesterol Pada Telur; dan juara III diperoleh SMA Negeri I Yoyakarta dengan judul Penerapan Sifat Absorbsi dan Metode Titrasi (Teknologi Pengolahan Air Limbah Untuk Perbaikan KUalitas Air).

Menurut M Yusuf yang mewakili tim dia memaparkan bahwa pemilihan obyek penelitian ini didasarkan dari kondisi lokal kota Tuban yang dijumpai banyak pohon siwalan yang menghasilkan buah  melimpah. Kulit siwalan yang menumpuk menyebabkan timbunan sampah yang mengotori lingkungan dan menciptakan kondisi yang tidak sehat. Dengan dijadikannya briket tim berharap sampah kulit siwalan tidak akan menjadi sumber penyakit tetapi bisa menjadi bahan bakar alternatip yang mempunyai nilai ekonomis sangat tinggi, sehingga masyarakat yang selama ini menggunakan bahan bakar dari fosil bisa beralih menggunakan briket kulit siwalan.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengumuman Kelulusan SMK NEGERI 1 TUBAN Tahun 2023

Menindaklanjuti Nota Dinas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro tanggal 4 Mei 2023 tentang Pengumuman Kelulusan SMA/SMK Tahun 2023, maka  perlu disampaikan hal-hal seb

05/05/2023 08:55 - Oleh Administrator - Dilihat 1622 kali
MikroTik Academy SMK Negeri 1 Tuban

SMKN 1 Tuban memiliki program pelatihan jaringan komputer yang sangat terkenal, terutama di bidang router dan sistem jaringan. Salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh sekolah i

15/03/2023 10:00 - Oleh Administrator - Dilihat 1011 kali
Indonesia ukir prestasi di Worldskills Competitions 2019

Perhelatan Akbar Kompetisi keahlian Dunia berakhir semalam 27 Agustus 2019 di Kazan Arena, Rusia.  Alhamdulillah..Indonesia menoreh prestasi yang membanggakan dengan rincian : - S

07/10/2019 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2538 kali
Ayo Menulislah untuk Menginspirasi Indonesia menjadi Lebih Baik

Ikuti workshop kepenulisan bersama Dr. N. Faqih Syarif H, M.Si - Spiritual Motivator , Penulis Buku dan Entrepreneur. Di bimbing lgs sampai menjadi Buku selama tiga bulan. Tgl 23 Agustu

07/10/2019 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2551 kali