• SMK NEGERI 1 TUBAN
  • Terdepan dan Terpercaya

Ayo Menulislah untuk Menginspirasi Indonesia menjadi Lebih Baik

Ikuti workshop kepenulisan bersama Dr. N. Faqih Syarif H, M.Si - Spiritual Motivator , Penulis Buku dan Entrepreneur. Di bimbing lgs sampai menjadi Buku selama tiga bulan. Tgl 23 Agustus 2019 jam 7.30 sd selesai di SMKN 1 Tuban. Menulislah agar tidak menjadi orang prasejarah!


 Ayo Menulislah Untuk Menginspirasi Umat

Al-‘ilmu shaydun wa al-kitaabatu qayduhu qayyid shuyuudaka bi al-hibaali al-waatsiqati
“ Ilmu laksana buruan dan catatan adalah  talinya, maka ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat”
 ( Imam Syafi’iy ra ).

Sobat. Sebelum anda  melakukan hampir segalanya dalam hidup anda, baik secara sadar maupun tidak, anda akan bertanya  pada diri  anda. Tentang pertanyaan  penting ini, “Apa Manfaatnya Bagiku?”  Inilah yang disebut  AMBAK  oleh Bobbi De Porter penulis Quantum Learning.
Apa saja manfaatnya menulis buku bagi seorang pelajar, guru, dan dosen ?

Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh para  dosen, Guru dan siswa . Semoga jawaban singkat ini bisa menjadi motivasi bagi teman –teman  untuk menulis buku dan berbagi Ilmu dengan  tulisan :

1. Membagikan dan menyebarkan ilmu pengetahuan kepada orang lain akan  mendapatkan pahala yang tiada tara.
2. Dengan rajin menulis dan menerbitkan buku, anda akan terpacu untuk lebih  kebanggaan diri, dan lebih menikmati pekerjaan.
3. Membantu mempromosikan nama jurusan, fakultas, dan Universitas tempatnya bekerja karena memiliki penulis dan pengajar handal.
4. Menunjukkan pada dunia bahwa anda  memang mahir di bidangnya.
5. Sebagai alat membangun jaringan, media promosi diri dan meningkatkan value diri.
6. Mendapatkan pemasukan tambahan dengan  memperoleh passive income

7. Sebagai media untuk kenaikan pangkat/jabatan dan mendapat angka kredit  poin.
8. Menghindari kepikunan dan meningkatkan   kualitas diri.
9. Mewariskan ilmu bagi peradaban mendatang.

Hasil  riset Dr. Pennebaker menyatakan, Menulis tentang pikiran dan perasaan terdalam tentang trauma  yang mereka alami menghasilkan suasana hati yang lebih baik, pandangan  yang  lebih positif, dan kesehatan fisik yang lebih baik. Hasil penelitian beliau mengenai para mahasiswa di Pusat kesehatan Mahasiswa , diantara  manfaat menulis menurut Dr. Pennebaker : Menulis menjernihkan pikiran, Menulis mengatasi trauma, Menulis membantu  mendapatkan  dan  mengingat informasi  baru, Menulis membantu memecahkan masalah, Menulis-bebas membantu kita ketika kita terpaksa harus menulis.

Sobat. Hernowo menyatakan bahwa menulis  bisa menjadi sebuah kemampuan yang sangat berharga dalam mempelajari dan menghadapi dunia. Pada kesempatan yang tepat, menulis  bisa meningkatkan kesehatan fisik dan  mental. Meskipun bukan suatu obat yang manjur, penggunaan kegiatan menulis secara bijaksana bisa memperbaiki kualitas kehidupan bagi sebagian besar dari kita.

Sobat, Ilmu pengetahuan dan keahlian yang anda miliki sekarang, tidak akan memberikan  manfaat jangka panjang jika tidak diabadikan  dengan tulisan. Ilmu anda juga tidak akan  bermanfaat secara maksimal kepada lebih  banyak orang tanpa tulisan. Kehebatan anda  tidak akan berarti apa-apa karena orang akan  lupa.  Namun, kalau ada tulisan yang anda  wariskan maka anda akan tetap ada di dunia ini, walaupun anda telah dipanggil oleh-Nya.

Arvan Pradiansyah mengatakan bahwa menulis sesungguhnya adalah sebuah proses untuk menjadi diri kita yang sebenarnya. Bahkan, menulis sesungguhnya adalah sebuah proses  untuk menjadi diri kita seutuhnya. Sebuah proses pergulatan untuk menemukan diri kita  yang sejati.
Ayo Menulislah untuk menginspirasi Indonesia  menjadi lebih baik dan lebih baik lagi!

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

( Spiritual Motivator – DR. N. Faqih Syarif H.M.Si, Penulis  Buku Gizi Spiritual. Narasumber Thank God Tommorow is Friday di Radio SMART 88.9 FM Surabaya. www.faqihsyarif.net. Sekretaris  Komnas pendidikan Jatim )

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengumuman Kelulusan SMK NEGERI 1 TUBAN Tahun 2023

Menindaklanjuti Nota Dinas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro tanggal 4 Mei 2023 tentang Pengumuman Kelulusan SMA/SMK Tahun 2023, maka  perlu disampaikan hal-hal seb

05/05/2023 08:55 - Oleh Administrator - Dilihat 920 kali
MikroTik Academy SMK Negeri 1 Tuban

SMKN 1 Tuban memiliki program pelatihan jaringan komputer yang sangat terkenal, terutama di bidang router dan sistem jaringan. Salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh sekolah i

15/03/2023 10:00 - Oleh Administrator - Dilihat 803 kali
Indonesia ukir prestasi di Worldskills Competitions 2019

Perhelatan Akbar Kompetisi keahlian Dunia berakhir semalam 27 Agustus 2019 di Kazan Arena, Rusia.  Alhamdulillah..Indonesia menoreh prestasi yang membanggakan dengan rincian : - S

07/10/2019 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2348 kali
PELUANG SUPER DIAKHIR OKTOBER

BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK Negeri 1 Tuban benar-benar telah menunjukkan kinerja dan prestasinya dalam menyalurkan lulusan sekolah. Berkat hubungan kerjasama yang bagus dengan industri

12/11/2018 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2846 kali