• SMK NEGERI 1 TUBAN
  • Terdepan dan Terpercaya

DUPLICATED SKIN DARI SERABUT KULIT SIWALAN MENJUARAI LKTI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018

AlhamdulillahhiRobbilalamin….. merupakan ungkapan rasa syukur kami yang tak terbatas atas segala nikmat serta kepercayaanNya yang telah dianugerahkan kepada SMK Negeri 1 Tuban. Pada event kali ini yaitu Lomba KIR Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Universitas PGRI Yogyakarta lagi-lagi tim dari SMK Negeri 1 Tuban yang diwakili oleh Yusril Danang Mahendra dan Latif Wahyudi kelas XII KI-2 telah memboyong tropi juara 2.

Tahapan seleksi pada LKIR dimulai pada bulan Februari saat pendaftaran dan pengumpulan makalah, kemudian dilanjutkan ke tahap penilaian makalah dan pada tanggal 10 Maret 2018 diumumkan 10 besar. Untuk masuk ke tahap Grand Final hanya dipilih 4 tim terbaik dan akhirnya tibalah saat presentasi makalah dan produk yang dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2018.

Produk SMK Negeri 1 Tuban adalah Duplicated Skin. Duplicated Skin adalah produk menyerupai kulit hewan yang mirip dengan kulit kambing jawa, tetapi  terbuat dari limbah serabut kulit siwalan. Proses pembuatannya diawali limbah kulit siwalan direndam dengan larutan NaOH untuk mendegradasi selulosa pada serabutnya sehingga menjadi belih lunak. Kemudian mencuci rendaman serabut tersebut sampai terbebas dari NaOH kemudian dilakukan pencampuran dengan bahan perekat dari tepung tapioca dengan perbandingan 1 : 1. Setelah itu memblender campuran dan selanjutnya dilakukan screening untuk memperoleh lembaran kulit. Supaya mendapatkan tampilan seperti kulit maka diperlukan pengeringan selama 1 jam pada suhu 70oC.

Produk unggulan SMK Negeri 1 Tuban ini telah mengalami uji lab diantaranya uji kelenturan dan kuat sobek. Dan hasil akhir produk menyerupai kulit hewan maupun kulit sintetis. Sehingga duplicated skin merupakan produk alternative yang dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan kulit hewan maupun kulit sintesis.

Kelebihan dari duplicated skin dibandingkan dengan kulit sintesis adalah lebih ramah lingkungan baik dari segi penggunaan bahan baku, proses produksi maupun limbah sisa. Duplicated skin dari serabut siwalan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan handy craft seperti kaligrafi, wayang, gantungan kunci, tempat tissu, dll.

Kami berharap beberapa prestasi yang telah diraih Yusril dan Latif (nama panggilannya) dapat menginspirasi adik-adik kelasnya untuk bisa berkarya dengan cara memanfaatkan hal-hal terkecil yang sering kita jumpai di sekitar kita.

Selamat untuk Tim KIR SMK Negeri 1 Tuban, Terdepan Terpercaya.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengumuman Kelulusan SMK NEGERI 1 TUBAN Tahun 2023

Menindaklanjuti Nota Dinas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro tanggal 4 Mei 2023 tentang Pengumuman Kelulusan SMA/SMK Tahun 2023, maka  perlu disampaikan hal-hal seb

05/05/2023 08:55 - Oleh Administrator - Dilihat 1004 kali
MikroTik Academy SMK Negeri 1 Tuban

SMKN 1 Tuban memiliki program pelatihan jaringan komputer yang sangat terkenal, terutama di bidang router dan sistem jaringan. Salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh sekolah i

15/03/2023 10:00 - Oleh Administrator - Dilihat 847 kali
Indonesia ukir prestasi di Worldskills Competitions 2019

Perhelatan Akbar Kompetisi keahlian Dunia berakhir semalam 27 Agustus 2019 di Kazan Arena, Rusia.  Alhamdulillah..Indonesia menoreh prestasi yang membanggakan dengan rincian : - S

07/10/2019 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2394 kali
Ayo Menulislah untuk Menginspirasi Indonesia menjadi Lebih Baik

Ikuti workshop kepenulisan bersama Dr. N. Faqih Syarif H, M.Si - Spiritual Motivator , Penulis Buku dan Entrepreneur. Di bimbing lgs sampai menjadi Buku selama tiga bulan. Tgl 23 Agustu

07/10/2019 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2357 kali