• SMK NEGERI 1 TUBAN
  • Terdepan dan Terpercaya

PURNA SISWA PENUH PESONA

Pagi itu ingar bingar suasana memenuhi ruangan Gedung Graha Sandya Perdin Semen Indonesia yang terletak di Jl. Letda Sucipto Tuban, hilir mudik pria muda mengenakan seragam jas hitam lengkap dengan dasi menuju tempat duduk yang telah ditata dengan rapi. Disisi lain ruangan tampak kesibukan yang tak kalah ramainya disana wanita-wanita anggun mempesona yang dibalut dengan busana tradisional tengah menunggu giliran memasuki ruangan upacara.

Ya pagi itu Gedung yang berkapasitas lebih dari 1000 orang itu penuh sesak dengan undangan yang terdiri dari peserta wisuda purna siswa dan juga keluarga yang antusias mendampingi putra – putrinya. Dengan diiringi bermacam hiburan yang dimainkan oleh warga sekolah menambah semaraknya suasana.

Tari gambyong yang dibawakan oleh 5 siswi kelas X dan XI sebagai pembuka acara resmi melambai dengan indah gemulai, seluruh penari adalah siswi yang tergabung dalam kelompok extrakurikuler seni tari yang diadakan di sekolah dengan pembimbing Ibu Krisna Liswa, S.Pd. Iringan gamelan yang diperagakan oleh kelompok Maju Budoyo Senior yang anggotanya adalah Bpk dan Ibu Guru serta karyawan SMK Negeri 1 Tuban mengalun merdu mengiringi lenggak lenggok penarinya.

Dkesempatan berikutnya kelompok Rebana Al Mufid Yunior dan Senior tidak ketinggalan turut memeriahkan acara dengan suguhan lagu-lagu religi islami yang mampu menyegarkan rohani. Endang Hariyani, S.Pd., M.MPd. selaku ketua panitia dalam laporanya menyampaikan bahwa wisuda purna siswa tahun 2017 diikuti oleh 416 siswa sebagai peserta dan juga dihadiri sejumlah lebih dari 700 undangan baik dari orangtua siswa maupun undangan resmi kedinasan. Kami ingin memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para siswa kelas XII yang telah dinyatakan lulus dari sekolah. Kami telah menyiapkan jauh hari untuk acara ini semua pemain dalam acara hiburan adalah warga sekolah baik siswa-siswi ataupun Bpk/ Ibu Guru, boleh dibilang semua orisinil dari dalam sekolah.

Sementara itu Kepala sekolah dalam sambutannya menyampaikan Syukur Alhamdulillah atas keberhasilan siswa –siswi yang telah dinyatakan lulus 100 %. Banyak hal yang membanggakan dalam wisuda kali ini, prestasi yang diperoleh anak-anak sangat banyak diantaranya prestasi peraih NUN tertinggi ujian nasional dari 10 besar yang dikategorikan 9 diantaranya adalah siswa SMK negeri 1 Tuban dan yang patut disyukuri dari 9 siswa tersebut satu diantaranya adalah peraih NUN tertinggi di Kabupaten Tuban. Disamping itu peringkat sekolah juga menduduki peringkat teritinggi sebagai sekolah peraih nilai rata-rata tertinggi.

Saya sangat bersyukur dengan apa yang diraih para siswa tetapi tidak hanya itu yang membuat kami bahagia. Prestasi sekolah dalam menyalurkan lulusannya yang kian hari semakin banyak yang membuat kebagiaan kami memuncak, dari sejumlah siswa yang diwisuda hari ini 50 % diantara telah diterima sebagai karyawan pada perusahaan yang ada diseluruh Indonesia, Ini menyatakan  bahwa SMK Negeri 1 Tuban telah memberikan bukti nyata pada masyarakat bahwa sekolah kami adalah sekolah kejuruan yang benar-benar menyiapkan lulusan untuk dapat langsung bekerja imbuh Bpk Basuki yang telah menjabat Kepala Sekolah SMK N 1 Tuban selama 5 tahun ini.

Puncak acara adalah Prosesi Wisudawan, satu persatu peserta wisuda dipanggil dan dipersilahkan menuju panggung kehormatan untuk memperoleh ucapan selamat sekaligus menerima STL dari Kepala Sekolah. Turut mendampingi wisudawan adalah wali kelas dan juga Kepala Departemen dimasing-masing departemen yang ada di SMK Negeri 1 Tuban.

Prosesi wisudawan terasa kental aroma kesakralan karena setiap langkah wisudawan diiringi dengan alunan nada yang menyentuh sukma dari kelompok paduan suara yang terdiri dari siswa-siswi kelas XI dan X. Sebanyak 40 anak yang tergabung dalam padus ini semua dipilih setelah melalui beberapa tes yang dilakukan oleh pelatihnya yaitu Bpk. Sugito, S.Pd., Ibu. Rohmatul Fitriyah, S.Pd., dan juga Ibu. Elyna Trimahastuti, S.Pd. Lirik lagu nasional Rayuan Pulau Kelapa, Indonesia Pusaka dan lagu nasional lainnya dipilih sebagai lagu pengiring prosesi.

Suasana sakral prosesi wisudawan berubah ceria ketika acara hiburan diisi oleh teater micro, dengan sajian parodi Joko Tarub semua hadirin dibuat terbahak-bahak melihat ulah para personel teater yang begitu mempesona dan mengocok isi perut. Memang ini kelasnya sudah level nasional sehingga tak heran jika tampilannya begitu menghibur ujar salah satu undangan. Teater Micro adalah kelompok extrakurikuler yang setiap tahun selalu mengukir prestasi non akademik baik di tingkat Kabupaten, Propinsi bahkan sekali waktu menyabet juara nasional pada agenda kejuaraan teater yang digelar oleh dinas pariwisata.

Hari ini memang luar biasa semua yang hadir baik peserta wisuda, Bpk/ Ibu Guru dan karyawan maupun undangan lainnya benar-benar menikmati suasana yang penuh dingan pesona ujar Bpk. Drs. Hariyono, M.MPd. yang juga undangan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Tuban.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengumuman Kelulusan SMK NEGERI 1 TUBAN Tahun 2023

Menindaklanjuti Nota Dinas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro tanggal 4 Mei 2023 tentang Pengumuman Kelulusan SMA/SMK Tahun 2023, maka  perlu disampaikan hal-hal seb

05/05/2023 08:55 - Oleh Administrator - Dilihat 997 kali
MikroTik Academy SMK Negeri 1 Tuban

SMKN 1 Tuban memiliki program pelatihan jaringan komputer yang sangat terkenal, terutama di bidang router dan sistem jaringan. Salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh sekolah i

15/03/2023 10:00 - Oleh Administrator - Dilihat 845 kali
Indonesia ukir prestasi di Worldskills Competitions 2019

Perhelatan Akbar Kompetisi keahlian Dunia berakhir semalam 27 Agustus 2019 di Kazan Arena, Rusia.  Alhamdulillah..Indonesia menoreh prestasi yang membanggakan dengan rincian : - S

07/10/2019 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2394 kali
Ayo Menulislah untuk Menginspirasi Indonesia menjadi Lebih Baik

Ikuti workshop kepenulisan bersama Dr. N. Faqih Syarif H, M.Si - Spiritual Motivator , Penulis Buku dan Entrepreneur. Di bimbing lgs sampai menjadi Buku selama tiga bulan. Tgl 23 Agustu

07/10/2019 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2355 kali