• SMK NEGERI 1 TUBAN
  • Terdepan dan Terpercaya

Selamat Jalan Tina Selamat Jalan Pince Selamat Berjuang untuk Indonesia tercinta

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 5 ayat (1) menyatakan bahwa setiap warga Negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu; ayat (3) menyatakan bahwa warga Negara di daerah terpencil atau terbelakang serta masyarakat adat yang terpencil berhak memperoleh pendidikan layanan khusus.

Uraian pasal 5 tersebut kemudian dipertegas dengan pasal 32 ayat (2) yang menyatakan bahwa pendidikan layanan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat yang terpencil, dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial, dan tidak mampu dari segi ekonomi.

Sehubungan dengan itu, Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Dikmen sebagai kepanjangan tangan pemerintah melaksanakan pemberian bantuan pendidikan rintisan program implementasi PLK Afirmasi Pendidikan Menengah Lanjutan (ADEM). Program ini merupakan model rintisan pendidikan layanan khusus bagi peserta didik lulusan SMP atau sederajat dari daerah terpencil atau terbelakang, dalam bentuk pemberian bantuan pendidikan penuh untuk mengikuti pendidikan jenjang menengah di Propinsi lain. Melalui program ini dimungkinkan mereka dapat mengikuti pendidikan tingkat menengah di sekolah yang berada di luar propinsinya, dengan cara tinggal di asrama atau di kost.

SMK Negeri 1 Tuban adalah diantara sekian sekolah yang ditunjuk dan diberi amanah untuk melaksanakan program ADEM dengan menerima dua peserta didik dari Papua barat untuk dididik dan dilatih sebagaimana pendidikan dan pembelajaran bagi peserta didik yang lain. Dua siswi dari Papua Barat yang dititipkan di SMK N 1 Tuban yaitu Albethina Malak yang berasal dari SMP Negeri 3 Sorong Papua Barat dan Sulpince weya lulusan dari SMP Negeri 5 manokwari. Mereka berdua selama tiga tahun penuh meninggalkan sanak saudara merantau ke Tuban Jawa Timur untuk meraih cita-citanya.

Selama tiga tahun mereka tinggal di asrama berbaur dengan teman-temannya memperolah pendidikan dan pembelajaran yang sama dan diberikan kesempatan yang luas untuk mengembangkan potensinya di semua kegiatan yang diadakan sekolah. Perubahan besar telah dialaminya kini mereka telah berubah menjadi sosok pemuda yang tangguh dengan bekal pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang tinggi siap untuk membangun dan memajukan daerahnya, menjadi tauladan bagi teman dan kerabatnya sebagai generasi muda yang siap membangun dan mengabdi untuk bumi pertiwi Indonesia tercinta.

Kini mereka berdua telah usai dari pendidikan di SMK 1 Tuban mereka telah dinyatakan lulus dari sekolah, maka saatnya telah tiba untuk mengucapkan selamat jalan selamat melanjutkan di Perguruan Tinggi Negeri yang telah menunggunya. Tina panggilan dari Albethina Malak mendaftar di Unesa dan Unair Surabaya sedangkan Sulpince Weya memilih Unesa dan UGM Yogyakarta untuk melanjutkan program studinya. Program kelanjutan dari ADEM yang masih menjadi tanggungan pemerintah yaitu ADIK (Afirmasi Perguruan Tingg). Kami semua warga sekolah berdoa semoga mereka dapat menuai mimpinya membanguan Papua melalui Perguan Tinggi yang dipilihnya.

Selamat jalan Tina, Selamat jalan Pince kami semua selalu merindukanmu bangun Papua bangun Indonesia.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengumuman Kelulusan SMK NEGERI 1 TUBAN Tahun 2023

Menindaklanjuti Nota Dinas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro tanggal 4 Mei 2023 tentang Pengumuman Kelulusan SMA/SMK Tahun 2023, maka  perlu disampaikan hal-hal seb

05/05/2023 08:55 - Oleh Administrator - Dilihat 1622 kali
MikroTik Academy SMK Negeri 1 Tuban

SMKN 1 Tuban memiliki program pelatihan jaringan komputer yang sangat terkenal, terutama di bidang router dan sistem jaringan. Salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh sekolah i

15/03/2023 10:00 - Oleh Administrator - Dilihat 1011 kali
Indonesia ukir prestasi di Worldskills Competitions 2019

Perhelatan Akbar Kompetisi keahlian Dunia berakhir semalam 27 Agustus 2019 di Kazan Arena, Rusia.  Alhamdulillah..Indonesia menoreh prestasi yang membanggakan dengan rincian : - S

07/10/2019 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2538 kali
Ayo Menulislah untuk Menginspirasi Indonesia menjadi Lebih Baik

Ikuti workshop kepenulisan bersama Dr. N. Faqih Syarif H, M.Si - Spiritual Motivator , Penulis Buku dan Entrepreneur. Di bimbing lgs sampai menjadi Buku selama tiga bulan. Tgl 23 Agustu

07/10/2019 00:00 - Oleh Administrator - Dilihat 2551 kali